Rabu, 01 Juni 2011

Super Junior Show 3 - Konser Termegah Di Vietnam

Tuesday, 31 May 2011

Image

ASIANplus edisi 426 - KONSER

Rangkaian tur konser Asia Super Show 3 akhirnya resmi berakhir di Vietnam, 7 Mei lalu. Dengan aksi panggung yang spektakuler, Super Junior mampu membuat ribuan penonton di stadion Go Dau, Vietnam “panas” selama 3 jam nonstop. Super Show 3 juga disebutsebut sebagai konser termegah di Vietnam.

Disambut Ratusan Fans di Bandara

Image Personel Super Junior menginjakkan kaki di bandara Tan Son Nhat, Ho Chi Minh City (Saigon) tanggal 6 Mei. Mereka dibagi ke dalam dua grup, tidak datang sekaligus. Grup pertama yang terdiri dari Lee Teuk, Hee Chul, Ye Sung, dan Shin Dong tiba di bandara pukul 14:40 waktu setempat. Mereka berempat meninggalkan bandara secara diam-diam lewat area VIP. Sementara grup kedua yang merupakan personel Super Junior-M, yaitu Si Won, Eun Hyuk, Kyu Hyun, Henry Lau, Zhou Mi, Dong Hae, Ryeo Wook, dan Sung Min baru hadir sore harinya, pukul 16:20 waktu setempat. Mereka terbang dari China, sementara Lee Teuk, Hee Chul, Ye Sung, dan Shin Dong datang dari Korea. Ratusan fans yang telah menanti di bandara terus mengelu-elukan kehadiran mereka di bandara. Di antara kumpulan fans itu ada seorang gadis yang membawa poster para personel Super Junior. Dia menunggu di lantai dasar bandara sejak pagi hari. “Saya sudah menunggu di sini sejak pukul 7 pagi tadi. Saya tahu ada fans yang terbang dari Hanoi juga menunggu mereka di sini,” kata gadis itu. “Saya berada di sini berharap setidaknya melihat wajah mereka,” tambahnya.
Sayangnya, harapan fans untuk bisa melihat wajah idola mereka tidak bisa terpenuhi. Super Junior keluar dari bandara dengan menggunakan jalur VIP dan dijaga ketat oleh aparat keamanan. Dari bandara, mereka langsung menuju stadion Go Dau untuk menjalani latihan sebelum konser.

Panggung Terbesar dan Termahal

Image Setelah bandara Tan Son Nhat dan hotel Intercontinental yang menjadi tempat menginap Super Junior, ELF
(sebutan fans Super Junior) Vietnam berkumpul di stadion Go Dau untuk menunggu idola mereka latihan. Meski panggung masih belum 100% terpasang sempurna, personel Super Junior tetap melakukan gladi bersih dengan lancar. Walau ekspresi capek terlihat jelas di raut wajah mereka, semuanya masih memberikan usaha terbaik mereka sehingga latihan berjalan dengan lancar. Untuk menjaga ketertiban di sekitar lokasi konser, petugas keamanan berjagajaga di luar stadion. Fans yang berada di luar terus mengelu-elukan nama mereka. Wartawan juga dilarang masuk ke dalam untuk meliput jalannya latihan Super Junior.

Image Sebelum latihan, para personel melakukan pemanasan dengan bermain sepak bola di stadion. Setelah itu, mereka menyanyikan hits-hits bersama penari cadangan dengan menggunakan alat peraga. Semua itu mereka lakukan demi membuat fans puas. Setelah latihan berakhir, personel Super Junior dan kru kembali ke hotel untuk beristirahat. Hanya Hee Chul dan Shin Dong yang diam-diam “bertualang” (jalan-jalan) di Vietnam. Mereka sempat membuat selca (self camera) di tempat yang mereka kunjungi. Kabarnya, panggung Super Show 3 disebut-sebut sebagai panggung terbesar dan termahal yang pernah ada di konser Vietnam. Layar LED didatangkan khusus dari Malaysia dan China, diangkut dengan total 20 kontainer. Kontainer-kontainer ini sudah tiba lebih dulu di Vietnam sejak 30 April lalu. Pengerjaan teknis, produksi, konstruksi, desain, dan tim inspeksi berasal dari Korea dan Malaysia. Lebih dari 100 kru dari China bekerja sama dengan lebih dari 200 pegawai konstruksi dan staf produksi dari perusahaan Lu Nhac, Vietnam. Mereka bekerja siang malam secara profesional untuk membuat panggung Super Show 3 yang spektakuler. Berhubung ini adalah konser Super Show 3 terakhir, panitia konser Viet Vision bersama SM Entertainment mempersiapkan konser dengan teliti dan berhati-hati. Mereka menyesuaikan pembangunan panggung dengan kondisi stadion. Pembuatan panggung selesai tanggal 6 Mei dan Super Junior melakukan gladi bersih sebelum konser pada keesokan harinya (7/5).

Konser yang Istimewa

Karena waktu mereka yang sangat terbatas, Super Junior tidak menggelar jumpa pers sebelum konser sebagaimana mereka lakukan sebelumnya. Namun mereka meluangkan sedikit waktu untuk melayani sesi wawancara singkat bersama media lokal. Tanggal 7 Mei, konser dimulai pukul 7 malam waktu setempat. Konser malam itu diguyur hujan, tapi tidak menyurutkan antusiasme sekitar 9 ribu fans Vietnam. Selama 3 jam, Super Junior membawakan 35 lagu hits mereka, seperti Sorry Sorry, Don’t Don, No Other, Good Person, Twins, Shake It Up, Bonamana, Dancing Out, You, Cooking Cooking, dan lainnya. Selain penampilan grup, konser juga dimeriahkan dengan penampilan sub grup Super Junior-T, Super Junior-KRY dan Super Junior-M, serta penampilan solo para personelnya. Super Junior-M menyanyikan lagu Super Girl dan Perfection, sementara Super Junior-T menyanyikan lagu hits mereka, Rogukko. Sedangkan Super Junior-KRY mempersembahkan lagu All My Heart . Saat menyanyikan lagu Cooking Cooking, personel Super Junior kembali tampil heboh dengan kostum sayur mayur yang warna warni. Kemeriahan dan kehebohan fans bisa dirasakan di konser tersebut, mengingat ini adalah konser resmi pertama Super Junior di Vietnam. Karena itu, banyak wartawan yang tidak ingin melewatkan kesempatan ini. Sebelumnya, mereka pernah tampil di Vietnam Maret tahun lalu di konser MTV Exit bersama artis penampil lainnya sebagai kampanye memerangi human trafficking. Walau tidak ada jumpa pers, mereka tetap meliput jalannya konser hingga akhir dan menunggu para idola ini di belakang panggung. Di antaranya ada wartawan dari media Thanh Nien, Xone FM, Yan TV, dan lainnya. Di antara para penonton, tampak juga beberapa artis lokal Vietnam seperti Ho Ngoc Ha dan Thanh Han yang menonton aksi panggung Super Junior. “Kami bangga bisa mempromosikan konser Super Show dari grup yang terpopuler di Asia, Super Junior. Kesuksesan konser ini menaikkan standar untuk pelaksanaan konser lainnya di Vietnam,” jelas perwakilan Viet Vision selaku promotor konser Super Show di Vietnam.

Kocok Perut Penonton

Image Histeria fans seperti tidak ada habisnya selama konser berlangsung. Gedung konser berubah menjadi lautan biru safir (warna identitas Super Junior) saat penonton mengeluarkan atribut konser mereka seperti balon dan lightstick. Salah satu adegan menarik selama pertunjukan, yaitu ketika Lee Teuk mengenakan topi tradisional Vietnam yang diberikan oleh fans. Si Won juga tak malu-malu mengenakan sepasang sayap malaikat yang cute. Hee Chul juga memanaskan suasana ketika dia menirukan penampilan Lady Gaga menyanyikan lagu Poker Face seperti di konser Super Show sebelumnya. Sementara, Shin Dong, Eun Hyuk, dan Dong Hae mengocok perut penonton dengan penampilan ala cewek ketiganya yang menyanyikan lagu Beyonce, Single Ladies. Ketika membawakan lagu Good Person, Si Won dan Eun Hyuk mencopot kaos mereka sehingga otot tubuh mereka bisa dilihat fans yang terus menjerit histeris. Tak ketinggalan, Ye Sung juga menyanyikan OST. Cinderella’s Stepsister, It Has to be You di sesi solonya. Lee Teuk menyanyikan lagu China sambil bermain piano, sementara Henry Lau menyanyikan lagu Baby Baby.

Kembali ke Korea

Setelah menghibur fans Vietnam dengan konser spektakuler, personel Super Junior merasakan kehangatan fans selama di Vietnam. Meski cuaca tidak bersahabat, fans tidak pernah lelah mengikuti sang idola selama dua hari berturut-turut. Setelah konser berakhir, Super Junior dibagi menjadi dua kelompok seperti saat kedatangan mereka. Grup pertama terdiri dari Lee Teuk, Shin Dong, Hee Chul, dan Ye Dung kembali lebih dulu ke Korea. Mereka tiba di bandara sekitar pukul 10:30 malam waktu setempat untuk penerbangan pada pukul 11 malam. Sayang, empat personel Super Junior ini tidak punya waktu untuk memberi ucapan perpisahan kepada fans. Kelompok kedua terdiri dari delapan personel yang tersisa. Mereka menunggu di hotel untuk diberangkatkan pulang ke Korea Selatan keesokan harinya (8/5). Mereka berangkat dengan penerbangan pukul 10 pagi waktu setempat. Di luar hotel dan bandara, tampak beberapa fans tetap sabar menunggu idolanya untuk mengucapkan salam perpisahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar