Minggu, 31 Juli 2011

TVXQ - Artis Dengan Album Terlaris 2011

Image

ASIANplus edisi 435 - GRUP IDOLA

Meski hanya tersisa dua personel, pamor TVXQ memang luar biasa. Album comeback mereka, Why (Keep Your Head Down) menjadi album terlaris 2011. Tidak hanya itu, album versi repackage mereka juga masuk peringkat 10 besar.
Image Menurut data penjualan album chart musik Gaon tanggal 7 Juli lalu, TVXQ menduduki peringkat pertama untuk kategori Album Terlaris di paruh awal 2011. Album kelima mereka, Keep Your Head Down terjual 230.922 kopi, terhitung mulai 1 Januari hingga 30 Juni lalu. Tidak hanya itu saja, album Keep Your Head Down versi repackage juga berhasil masuk urutan 10 besar di posisi 9 dengan angka penjualan 55.234 kopi. Sementara di posisi kedua ada Big Bang dengan mini album keempat Tonight yang berhasil terjual 133.951 kopi. Di urutan ketiga ada BEAST dengan full album perdana mereka, Fact and Fiction. Meski baru dirilis Mei lalu, album Fact and Fiction sudah terjual 111.201 kopi. Mini album solo perdana Kim Hyun Joong, Break Down menduduki posisi keempat dengan angka penjualan 100.433 kopi. Di belakang Hyun Joong secara berturut-turut ada CN Blue (First Step, 93.059 kopi), Big Bang (Big Bang Special Edition, 83.726 kopi), 2PM (Hands Up, 67.819 kopi), f(x) (Pinocchio, 58.419 kopi), TVXQ (Keep Your Head Down Repackage, 55.234 kopi), dan Secret Garden OST Special (47.373 kopi) Why adalah lagu comeback TVXQ yang dirilis setelah absen dua tahun. Dengan demikian album ini mendapat antisipasi yang cukup tinggi. “Tidak mengherankan penjualan album grup idola mendominasi penjualan album di paruh pertama tahun ini. Grup pria mendapat dukungan dari fans mereka, sehingga mengalahkan penjualan album penyanyi solo pria,” jelas perwakilan Gaon. Data yang dikeluarkan Gaon ini cukup berpengaruh terhadap popularitas seorang artis, dan bisa disejajarkan dengan tangga lagu Oricon di Jepang dan Billboard di Amerika. Gaon sendiri adalah chart penjualan musik nasional secara online dan offline yang mengumpulkan semua data penjualan album dari enam distributor musik online, seperti Melon, Dosirak, Mnet, Bugs, Cyworld, dan Soribada. Gaon juga merupakan anggota dari Korea Music Content Industry Association.

Berterima Kasih pada Fans

TVXQ menyadari benar jika prestasi mereka itu tak bisa lepas dari dukungan para fans. Karena itu, setelah tampil di KBS Music Bank edisi spesial yang digelar tanggal 1 Juli lalu, esok harinya (2/7) mereka menuliskan ucapan terima kasih di situs resmi mereka. “Halo, kami TVXQ! Terima kasih banyak atas dukungan dan cinta kalian selama masa promosi kami. Kami akan terus bekerja lebih keras lagi, terima kasih dan kami mencintai kalian semua!” tulis TVXQ. Beserta tulisan itu, mereka juga mengunggah sebuah foto yang diambil beberapa saat setelah mereka turun panggung dari Music Bank. Selain TVXQ, acara khusus malam itu juga diramaikan oleh sejumlah artis lainnya seperti 2PM, Kim Hyun Joong, f(x), 4minute, T-ara, IU, G.NA, CN Blue, Kim Tae Woo, Wheesung, Eru, K.Will, A.Pink, Boyfriend, Infinite, Secret, SISTAR, Mighty Mouth, Rainbow dan Navi.

Hiasi Cover Rolling Stone Jepang

Image Sementara itu, popularitas TVXQ masih belum kunjung padam di Jepang. Beberapa waktu lalu mereka didapuk menjadi cover majalah Rolling Stone Jepang untuk edisi Agustus. Mengenakan kaos tanpa lengan, U-Know Yun Ho dan Max Chang Min menunjukkan kematangan dan maskulinitas mereka. Fans pun langsung menunjukkan animo tinggi terhadap majalah dengan cover TVXQ ini. Diluncurkan pada tahun 2007, majalah Rolling Stone Japan hanya menampilkan 14 artis non-Barat sejauh ini. Selama ini, cover Rolling Stone Japan hanya pernah memuat delapan artis Jepang, dimulai dari Mika Nakashima pada tahun 2008. Penampilan TVXQ di cover depan majalah memiliki arti lebih karena mereka telah menjadi artis Korea pertama yang menghiasi sampul depan majalah bergengsi itu. Hal ini mencerminkan bahwa pengaruh TVXQ sangat besar di pasar Jepang. Sejauh ini, majalah edisi Jepang itu sendiri telah menampilkan bintang-bintang dunia seperti Keith Richards, Eminem, John Lennon, The Eagles, dan Ozaki Yutaka. Majalah dengan cover TVXQ ini dirilis pada 8 Juli lalu. “Kami dengar sangat sulit dan tidak mudah, termasuk bagi artis Jepang untuk bisa tampil sebagai cover (majalah) Rolling Stone. Rasanya sangat menggembirakan melihat TVXQ bisa menjadi cover dari majalah populer,” jelas perwakilan SM Entertainment.

Dukung Kampanye 7-Eleven

Image Baik TVXQ dan Girls’ Generation sama-sama memiliki popularitas tinggi di Jepang. Baru-baru ini dua grup idola Asia itu didapuk menjadi bintang iklan toko 7-11 (7-Eleven) di Jepang. Promo 7-Eleven yang dibalut dalam bentuk kampanye bertajuk “7-11 Fair DBSK/SNSD” itu menyediakan sekitar 50 macam item berbau TVXQ dan Girls’ Generation. Mulai dari kotak makan, rice ball, penjepit kertas/file, poster, mug bergambar TVXQ atau Girls’ Generation, dan lainnya. Semua item ini bisa didapatkan di toko-toko 7-Eleven di seluruh dunia. Kabarnya, baik TVXQ maupun Girls’ Generation ikut terlibat dalam proses pengembangan produk ini dengan cara memakainya secara langsung. Kampanye promo ini digelar mulai 7 Juli hingga 31 Juli mendatang. Menurut perwakilan 7-Eleven, ini adalah kali pertama mereka bekerja sama dengan dua artis sekaligus untuk satu even. Sementara itu, iklan masing-masing grup sudah mulai ditayangkan di tiga stasiun TV Jepang, yaitu Sukkiri, Tokudane, dan Mezamashi TV mulai 7 Juli lalu.

Lariskan Majalah an an

Image Selain didapuk menjadi cover majalah Rolling Stone, TVXQ juga menghiasi cover majalah an an. Beberapa waktu lalu, majalah an an yang menjadikan TVXQ sebagai cover mereka sampai kehabisan stok! Majalah ini sudah dirilis pada 6 Juli lalu dan berisi 10 halaman khusus wawancara eksklusif bersama TVXQ. Sebelumnya, majalah anan edisi 23 Maret yang memuat cover Jang Geuk Suk terjual sebanyak 280 ribu kopi. Namun untuk edisi TVXQ, pihak majalah mengaku sampai kehabisan stok majalah di berbagai toko buku karena tingginya permintaan terhadap majalah tersebut. Menurut perwakilan an an, kemungkinan besar mereka akan mencetak ulang untuk memenuhi permintaan pasar.

Tampil di Konser A-Nation

Image Sudah dipastikan jika TVXQ akan menjadi salah satu artis penampil di festival musik tahunan a-nation di Jepang. Selain TVXQ, konser yang akan digelar pada 30 Juli hingga 28 Agustus itu juga akan dimeriahkan oleh BoA dan artis Jepang lainnya, seperti AKB48, TRF, AAA dan Every Little Thing. BoA akan tampil di Osaka dan Tokyo pada 21-28 Agustus. a-nation akan merayakan ulang tahunnya yang ke-10 pada tahun ini. BoA dan TVXQ sebelumnya pernah tampil di konser a-nation pada tahun 2009. Setelah dua tahun, kini mereka bisa tampil bersama lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar