Sabtu, 09 Juli 2011

Super Junior - Siap Menggebrak Pasar Musik Internasional

Image

ASIANplus edisi 432 - GRUP IDOLA

Popularitas Super Junior telah menyebar hingga luar benua Asia. Penyebaran popularitas mereka sangat cepat dari hari ke hari, hingga ke Eropa dan Amerika Selatan. Kini Super Junior telah menjelma menjadi pemimpin baru Hallyu Wave (Demam Korea).

Termotivasi Fans Luar Negeri

Image Setelah artis SM Entertainment sukses menggelar konser SM Town Live in Paris, Super Junior menerima wawancara di acara MBC News Desk. Mereka hanya diwakili Lee Teuk dan Eun Hyuk karena personel lainnya sibuk dengan jadwal masing-masing. Lee Teuk mengawali pembicaraan dengan mengatakan, “Sebelum berangkat ke Eropa, kami sudah sangat menantikan konser ini karena banyak fans yang meminta untuk menambah pertunjukan kedua dan tiketnya habis terjual hanya dalam waktu sepuluh menit. Tapi, ketika saya tiba di sana (Paris), sambutan mereka jauh di luar bayangan saya.” “Mayoritas penonton adalah warga asing, tapi mereka bisa menyanyi lagu Korea dan menari bersama kami. Yang membuat saya lebih terkejut, mereka tahu yel yel setiap lagu yang biasa dilakukan fans kami,” sambung Eun Hyuk. Lee Teuk juga menyatakan sangat bangga dengan grupnya. “Kami mampu meraih popularitas di Asia dengan kegiatan kami di Asia, tapi rasanya itu seperti pesta kami sendiri. Konser di Paris benar-benar berbeda, dan kami merasa sangat termotivasi,” kata Lee Teuk. “Saya merasa bangga bahwa kami mampu mengekspor budaya kami ke sebuah negara yang sudah kuat dalam budaya,” imbuh leader Super Junior itu. Sebuah momentum baru untuk “panggung dunia” muncul untuk Super Junior. Langkah Super Junior ke pasar dunia berhasil mengubah popularitas yang telah mereka bangun selama lima tahun. Menginjak tahun keenam, banyak yang menilai mereka akan membuka cakrawala baru dalam memperkenalkan Hallyu Wave di dunia internasional. “Kami sudah menggelar konser Super Show selama tiga tahun, mengelilingi Asia. Tahun depan, kami berencana memperluas pasar kami ke Eropa, Amerika Selatan, dan Timur Tengah, serta menggelar konser tur dunia yang sesungguhnya. Kami bahkan mendengar ada gerakan untuk meminta kami konser di Turki,” ungkap Lee Teuk.

Dekat dengan Fans

Image Lee Teuk menjelaskan Super Junior bukan sekadar grup idola, tapi terdiri dari banyak keunikan. Tiap personelnya menciptakan efek sinergi dalam arti apa yang menjadi kekurangan salah satu personel akan ditutup oleh personel lainnya. “Kami seperti es krim yang terdiri dari berbagai rasa. Karena terdiri dari banyak personel, kami juga memiliki basis fans yang luas. Satu pandai menyanyi, satu memiliki penampilan menarik, satu memiliki selera humor tinggi. Grup kami memiliki banyak warna yang bisa ditunjukkan,” terang Lee Teuk. Menurut Eun Hyuk, kedekatan dengan fans merupakan kekuatan terbesar dari Super Junior. “Dulu, seorang idola adalah sosok yang eksklusif dan misterius yang hanya bisa dilihat di atas panggung. Tapi idola zaman sekarang sering muncul di berbagai acara hiburan untuk mendekatkan diri dengan fans. Karena itu lah kami sering muncul di TV,” jelasnya. Perkembangan media sosial seperti YouTube, Twitter, dan Facebook juga dinilai sangat membantu dalam penyebaran Hallyu Wave, sekaligus memperkenalkan Super Junior di berbagai penjuru dunia. “Semua personel Super Junior menggunakan Twitter. Karena sekarang ada fasilitas penerjemah otomatis, kami bisa langsung berkomunikasi dengan fans di luar negeri. Saya dapat berbicara sedikit bahasa China, jadi saya kadang melakukan posting dalam bahasa China. Ketika kami berada di Perancis, saya cemas tidak banyak penggemar yang akan muncul di bandara, jadi saya terus menulis di Twitter,” kata Eun Hyuk. Lee Teuk mengatakan kesuksesan Kpop di Eropa dikarenakan tiga faktor penting. “Kami kira fans luar negeri suka dengan konten lagu-lagu kami yang berskala internasional, aksi panggung kami, dan penampilan individu tiap personel,” jelasnya. “Jika peperangan di masa lalu dengan pedang dan tembak bisa dilihat oleh mata, peperangan zaman sekarang adalah persaingan budaya yang tidak bisa dilihat kasat mata. Ketika demam Korea terus berkembang dan menyebar luas, kami percaya Korea akan menjadi satu kekuatan baru di dunia. Jika ini adalah olah raga, saya percaya kami adalah atlet yang mewakili negara kami. Kami akan menyebarkan musik Korea ke seluruh dunia,” pungkas Lee Teuk.

Duta Seoul Summer Sale 2011

Image Tanggal 17 Juni lalu, Super Junior menghadiri upacara pembukaan Seoul Summer Sale 2011. Hari itu Super Junior yang ditunjuk sebagai duta acara tersebut diwakili oleh Sung Min, Ryeo Wook, Eun Hyuk, Lee Teuk, Shin Dong, dan Ye Sung. Acara digelar di ruang konferensi di Jung-gu, Seoul. Dalam sebuah survei yang dilakukan awal tahun ini di kalangan orang asing, Super Junior meraih hasil vote yang luar biasa, 76% dari total suara dengan pertanyaan “siapa selebriti yang harus mewakili Seoul Summer Sale”. Acara belanja murah ini awalnya diciptakan pada tahun 2008 dengan nama “Seoul Grand Sale” sebagai upaya untuk mendongkrak bidang pariwisata dan meningkatkan jumlah turis ke Korea Selatan. Saat ini Seoul telah menjadi kiblat belanja bagi wisatawan. Banyak dari mereka tertarik berkunjung ke sana karena efek Hallyu Wave. Nama “Seoul Grand Sale” kemudian diubah menjadi “Seoul Summer Sale”. Acara ini berlangsung selama 38 hari (tanggal 24 Juni-31 Juli), dan ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan persaingan harga yang kompetitif dari pusat perbelanjaan kota. Walikota Seoul, Oh Se Hoon bertemu langsung dengan Super Junior untuk menyerahkan plakat mereka. “Super Jun-ior adalah grup yang tidak hanya populer di Asia, tetapi juga sampai ke Eropa. Saya harap kita semua, termasuk Super Junior, melakukan tugas kita sebagai perwakilan Seoul di luar apa yang ditawarkan oleh Hallyu,” kata Se Hoon dalam pidatonya. Selain itu, walikota Seoul juga mengatakan Seoul Summer Sale tahun ini akan menjadi even penting dalam menarik lebih banyak wisatawan ke kota mereka.

Siap Rilis Photobook Super Show 3

Image Dalam waktu dekat Super Junior akan merilis buku foto konser pertama mereka, 3rd Asia tour Super Show 3 concert book. Photobook ini berisi foto-foto penampilan Super Junior di Super Show 3 di Seoul yang dihelat Agustus tahun lalu. Selain foto-foto konser, Photobook ini juga berisi foto-foto yang belum pernah dirilis sebelumnya, yaitu foto Super Junior saat berada di kamar tunggu. Tak ketinggalan, tanda tangan dan pesan dari tiap personel Super Junior. Sebagai bonus, buku ini juga menyertakan 14 postcard. Fans yang telah menyaksikan konsernya dipastikan bisa merasakan kegembiraan mereka kembali hanya dengan melihat photobook ini. Dibandrol dengan harga 30 ribu Won (Rp 300 ribu), Super Junior Super Show 3 concert book dikemas dengan hardcover eksklusif sehingga pantas untuk dikoleksi. Pre-order sudah dibuka tanggal 16-30 Juni lalu di Interpark, Kyobo Book Centre, Yes24, Lees Music, dan Apple Music. Bagi mereka yang melakukan pre-order akan mendapat bonus poster jumbo Super Junior yang khusus dibuat untuk buku ini. Melalui sistem undian, 20 orang beruntung akan mendapatkan sebuah buku konser yang ditandatangani oleh semua personel Super Junior. “Untuk berbagi kegembiraan konser dengan penggemar, kami merilis sebuah buku konser yang baru pertama kalinya bagi Super Junior sejak mereka debut. Foto-foto berkualitas tinggi dan foto tiap personel di belakang panggung akan menjadi hadiah tak terlupakan bagi fans,” jelas perwakilan Danal yang menerbitkan buku konser tersebut. Sementara itu, Super Junior baru saja terpilih menjadi model majalah ‘W’ dan ‘Vogue’ Korea edisi Juli.

Hee Chul Undur Diri dari Young Street

Image Setelah memandu siaran radio SBS Young Street hampir selama satu tahun tiga bulan, Hee Chul akan meninggalkan siaran radio tersebut. Hal ini disampaikan oleh SBS pada 21 Juni lalu. “Hee Chul yang sudah menjadi penyiar acara ini sejak Maret 2010, akan mengadakan siaran terakhirnya pada 26 Juni. Setelah itu, Hee Chul akan lebih berkonsentrasi pada kegiatan menyanyi dan akting,” jelas perwakilan SBS. “Saya minta maaf pada penggemar Young Street. Tapi untuk berkonsentrasi pada album baru Super Junior serta menunjukkan sisi baru diriku dalam film dan serial, sangat disayangkan saya harus mengundurkan diri dari posisi penyiar,” ucapnya. Selain itu, Hee Chul juga akan disibukan dengan promo lagu Close Ur Mouth bersama grup barunya, M&D. Usai siaran Hee Chul, selama lima hari mulai tanggal 27 Juni hingga 1 Juli, Young Street akan menayangkan edisi khusus ‘Special DJ Week’ dengan beberapa penyiar radio yang berbeda setiap harinya. “Satu dari lima penyiar khusus itu akan diberi nama ‘DJ Young Street Baru’ yang akan mengudara mulai 2 Juli,” kata Heo Geun Wook selaku produser Young Street.

Foto Bersama Shim Eun Kyung

Image Sementara itu, tanggal 17 Juni lalu Hee Chul mengunggah foto terbarunya bersama aktris Shim Eun Kyung di Twitternya. “Bersama Shim Eun Kyung. Karena dia adalah penggemar beratku (yang belum diakui), dia rela meluangkan waktu dari jadwal kerjanya yang padat untuk mengunjungi studio Young Street. Dia memiliki kulit mulus, cute, dan ramah,” puji Hee Chul. Foto itu dikomentari banyak fans. “Mereka seperti saudara kandung,” komentar seorang netter. “Keduanya sangat keren,” imbuh netter lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar