Sabtu, 02 Juli 2011

B1A4 - Tonjolkan Vokal Dan Koreografi Enerjik

Image

ASIANplus edisi 431 -IDOLA BARU

Satu lagi boyband baru yang siap meramaikan blantika musik Korea tahun ini. Dengan mengusung nama B1A4, grup asuhan WM Entertainment ini digawangi Jin Young (leader), Baro, Gong Chan, San Deul, dan CNU (Shin Woo).

Usung Konsep Nama Unik

Nama B1A4 sengaja dipilih karena salah satu personel grup ini memiliki golongan darah B. Sementara empat personel lain memiliki golongan darah A. Tak hanya itu, B1A4 juga bisa diartikan sebagai Be The One, All For One. Sebelum memulai debut, para personel B1A4 sudah diperkenalkan melalui format webtoon di internet. Setiap hari, informasi mengenai personel grup ini dirilis secara bertahap hingga 21 April lalu. Berbeda dengan mayoritas boyband lain, B1A4 digawangi dua rapper dan tiga vokalis. Sementara posisi vokalis utama dipegang San Deul. Sebagai grup pendatang baru,
B1A4 memiliki dua kekuatan utama. Kemampuan vokal dan atraksi panggung. Dengan mengusung lagu andalan O.K, B1A4 meluncurkan mini album debut bertajuk Let’s Fly pada 21 April lalu. Selain lagu O.K, mini album ini juga memuat lagu Remember, Only Learned Bad Things, Bling Girl, Only One, dan O.K (Instrumental). Selain mengusung irama musik ceria, O.K juga menampilkan koreografi enerjik. Selama membawakan lagu ini, para personel B1A4 kerap melompat, berlari, dan berbaring di atas panggung. Jika boyband lain lebih suka berdiri di atas panggung, grup pendatang baru ini malah senang memadukan kemampuan vokal mereka dengan koreografi enerjik. Berbeda dengan O.K, lagu Remember dan Only Learned Bad Things tidak terlalu inovatif. Meski sudah diproduksi dan dinyanyikan dengan baik, genre musik dua lagu ini bukan hal baru di blantika musik Korea. Bisa dibilang, Remember, Only Learned Bad Things, dan Bling Girl mengusung konsep yang sama dengan lagulagu U-Kiss, Infinite, atau Dalmatian. Di sisi lain, lagu Only One bisa dibilang cukup memuaskan. Meski mengusung tempo slow, lagu ini juga menampilkan irama klasik. Hampir setipe dengan lagu-lagu boyband asal negara Barat.

Kenalkan Personel Lewat Webtoon

Image Ada yang menarik dengan langkah debut B1A4. Berbeda dengan beberapa grup lain, boyband pendatang baru ini memperkenalkan profil para personelnya melalui seri komik online atau webtoon. Dengan minimnya informasi yang dimuat dalam webtoon, para netter Korea mulai berspekulasi mengenai B1A4. Termasuk spekulasi mengenai arti nama grup mereka sesuai golongan darah tiap karakter dalam webtoon. Spekulasi lain adalah grup ini merupakan grup campuran. Meski lima karakter dalam webtoon merupakan karakter pria (Gong Chan, CNU, San Deul, Jin Young, dan Baro), para netter sempat berspekulasi mengenai personel wanita bernama Anna. Setelah sempat simpang siur, perwakilan WM Entertainment akhirnya angkat bicara pada 11 April lalu. Selain memajang foto, mereka juga memposting biodata para personel grup ini. Dari kelima personel B1A4, Jin Young ditunjuk sebagai leader. “Ada banyak informasi menarik mengenai B1A4 di webtoon mereka,” tulis pihak WM. “Agensi kami menerima banyak telepon yang meminta lebih banyak informasi. Jin Young adalah leader grup dan sudah dilatih menciptakan lagu, menyanyi, dan akting selama beberapa waktu. Dia memiliki bakat musik luar biasa dan album mereka akan memuat salah satu lagu ciptaannya,” lanjut mereka.

Rilis Info Personel Secara Bertahap

Tak lama setelah merilis foto leader B1A4, Jin Young, WM Entertainment mulai merilis foto personel lain secara bertahap. Melalui situs resmi grup, mereka merilis foto dan biodata Baro, Gong Chan, San Deul, serta CNU. “Gong Chan merupakan maknae dan vokalis utama grup. Dia tidak hanya memiliki bakat vokal, melainkan juga kemampuan akting mengesankan. Jadi, dia bisa berpromosi di beberapa bidang berbeda,” ungkap pihak WM. “San Deul selalu tersenyum. Jadi, dia membuat orang lain merasa bahagia. Dia serius saat menyanyi, karena itu dia adalah personel yang kami pikir layak menjadi vokalis utama,” lanjut mereka. “CNU adalah pemerhati kesehatan. Dia merupakan personel mengesankan dengan bakat menyanyi dan rap. Meski maskulin dan sedikit pendiam, CNU memiliki senyum menawan yang bisa menarik hati para wanita,” tandas perwakilan WM. “Dengan setiap peluncuran informasi personel, banyak orang tertarik. Pertama-tama, kami ingin berterima kasih pada semua orang atas perhatian mereka pada grup pendatang yang belum memulai debut. Kami harap kalian terus memberikan dukungan dan cinta pada B1A4 setelah debut,” pungkas mereka.

Anggap G.O.D. Sebagai Mentor

Hampir sebulan setelah meluncurkan album Let’s Fly, B1A4 sibuk mempromosikan lagu O.K. Selain tampil di beberapa acara musik, grup asuhan WM Entertainment ini juga menggelar acara tanda tangan dan berbagai kegiatan lain. “Sudah sebulan sejak kami memulai debut dan sudah ada fans yang mengenali kami. Lebih banyak orang datang ke acara tanda tangan kami dari yang kami duga sebelumnya, jadi kami terkejut. Kami berjanji akan bekerja keras sehingga kami bisa menunjukkan lebih banyak sisi diri kami pada publik,” tegas Baro. “Mungkin karena nama grup kami unik, para fans memberikan julukan unik pada kami seperti ‘idola kertas’ dan ‘idola darah’. Sebenarnya, julukan ‘idola kertas’ berasal dari fakta jika nama kami mengingatkan mereka pada kertas A4 dan ‘idola darah’ berasal dari golongan darah kami. Kami puas dengan nama-nama itu dan senang orang-orang memperhatikan kami,” sahut Jin Young. “Masing-masing personel memiliki kharisma berbeda. Baro pintar menirukan suara dan beatboxing, sementara San Deul dan Jin Young pintar memasak. Gong Chan mungkin terlihat keren, tapi dia memiliki banyak aegyo. Belakangan, Baro dan saya senang menulis dan menciptakan lagu. Jadi, kami sedang berlatih keras,” lanjut CNU. Setelah menjalani training selama dua tahun, B1A4 akhirnya resmi debut di blantika musik Korea. Dengan pengalaman berlatih bersama, kelima personel grup ini semakin dekat satu sama lain. “Di asrama, kami bermain game kecepatan atau bingo bersama-sama. Belakangan, kami sibuk berlatih saat ada waktu. Namun, bermain game dengan personel lain merupakan salah satu kebahagiaan terbesarku selain latihan,” komentar San Deul. Sebagai boyband pendatang baru, B1A4 tentu memiliki target khusus di masa mendatang. “Saya ingin semua orang di negeri ini mengenali kami. Saya berjanji akan berusaha keras untuk mewujudkan impian itu,” jawab Gong Chan. “Kami mengangap G.O.D. sebagai mentor. Musik mereka sangat bagus dan mereka dicintai sepanjang waktu. Kami akan bekerja keras dengan semua yang kami miliki,” pungkas Jin Young.

Baro Kagumi U-Know Yun Ho

Image Dalam suatu wawancara belum lama ini, rapper B1A4, Baro mengaku sangat mengagumi sosok U-Know Yun Ho TVXQ. “Sebelum debut kami, Yun Ho berkata padaku, ‘Mari bertemu di atas panggung.’ Karena saya bisa memenuhi janji pada seniorku, saya merasa sangat bahagia,” ungkapnya. “Bahkan sebelum memulai debut bersama TVXQ, dia (Yun Ho) sangat populer di Gwangju karena kemampuannya menari. Karena saya mengikuti jejaknya ke Seoul, saya senang tak sengaja dengannya di coffee shop dan menemuinya,” lanjut Baro. Saat menemui U-Know, Baro mengaku berasal dari Gwangju. Begitu mendengar hal itu, leader TVXQ tersebut langsung menanyakan sekolah dan kampung halamannya. Tak hanya itu, U-Know juga sempat memberikan tanda tangan saat Baro masih menjadi trainee. “Mari bertemu di atas panggung!” tulis U-Know di atas CD yang ditandatanganinya. Tak disangka, keduanya benar-benar bertemu di atas panggung dua tahun kemudian. Setelah melakukan debut bersama B1A4, Baro tak sengaja bertemu U-Know lagi. “B1A4 melakukan debut di atas panggung MBC Music Core (23 April, red). Dengan keberuntungan, saya bisa bertemu Yun Ho lagi pada hari itu. Saya menyapanya dengan gugup dan tidak bisa berkata apa-apa untuk mencari tahu apakah dia masih meng-ingatku,”

Bintangi MTV Match Up Bersama Block B

Image Dua grup pendatang baru Korea, Block B dan B1A4 akan membintangi reality show terbaru MTV, Match Up. Mulai 22 Juni nanti, para penonton bisa menyaksikan keunikan dan jalur musik dua grup tersebut. Selain meliput aktivitas mereka, Match Up juga akan menayangkan gaya hidup mereka sehari-hari. Sebagai grup asuhan Cho PD, Block B dikenal memiliki bakat menulis dan memproduksi lagu. Tak hanya itu, para personel grup ini juga memiliki kepribadian bebas dan jujur. Di sisi lain, B1A4 sempat mencuri perhatian publik dengan paras tampan mereka. Ternyata, mereka juga handal menulis dan menciptakan lagu. Dengan total delapan episode, Match Up akan menayangkan MV serta jadwal manggung Block B dan B1A4.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar