Kamis, 29 Desember 2011

Super Junior Super Show 4 - Bius 8.000 Fans Osaka


ASIANplus edisi 456 - COVER STORY

Selama dua hari berturut-turut, Super Junior sukses menggelar konser Super Show 4 di Osaka, Jepang. Bertempat di Kyocera Dome, boyband asuhan SM Entertainment ini berhasil membius sekitar 80.000 fans pada 10 dan 11 Desember lalu.

Bawakan Total 38 Lagu

Image Meski belum memulai debut resmi di Jepang, Super Junior sukses menggelar konser Super Show 4 di Kyocera Dome pada 10 dan 11 Desember lalu. Padahal, hanya artis-artis top Jepang yang bisa menggelar konser di lokasi tersebut. Tak hanya berkesempatan tampil di atas panggung Kyocera Dome, Super Junior juga sukses menjual semua tiket konser Super Show 4 tanpa melakukan promosi besar-besaran. Selama konser, Super Junior melantunkan tiga puluh delapan lagu. Termasuk beberapa lagu hits seperti Sorry Sorry, Bonamana, Superman, Mr. Simple versi bahasa Jepang, dan Too Perfect versi Jepang. Sebagai bintang tamu, mereka mengundang f(x) untuk membawakan lagu Oops! Secara keseluruhan konser Super Show 4 berlangsung meriah. Tak hanya menyajikan laser, Super Junior juga mengusung air mancur, crane, dan kabel sebagai pelengkap aksi panggung mereka. Dari awal hingga akhir konser Super Show 4, aksi panggung Lee Teuk, Si Won, Dong Hae, Ryeo Wook, Kyu Hyun, Sung Min, Eun Hyuk, Ye Sung, dan Shin Dong sukses memukau puluhan ribu fans. Bahkan, para ELF (sebutan fans Super Junior) sukses mengubah Kyocera Dome menjadi lautan glowstick berwarna biru.“Merupakan suatu kehormatan bagi Super Junior untuk bisa menggelar konser solo di tempat konser sebesar ini.

Kami ingin berterima kasih pada semua orang karena sudah menciptakan memori seindah ini bersama kami. Karena ini baru permulaan, kami harap kalian terus menantikan tur konser dunia kami,” terang Super Junior. Setelah sukses melumpuhkan Osaka, Super Junior akan melanjutkan konser Super Show 4 di beberapa negara Asia lain, yaitu Taipei, Taiwan pada 3 – 5 Februari 2012, dan Singapura pada 17 Februari 2012.Di sisi lain, Super Junior berhasil merajai tangga lagu harian Oricon dengan single Mr. Simple pada 11 Desember lalu. Padahal, single ini baru dirilis pada 7 Desember. Pada saat diluncurkan, single Mr. Simple versi bahasa Jepang berhasil menduduki posisi kedua tangga lagu Oricon dengan penjualan 35.854 kopi. Menariknya, Super Junior berhasil mengalahkan beberapa grup populer Jepang seperti AKB48. Prestasi ini tentu sangat membanggakan. Pasalnya, Super Junior belum memulai promosi single Mr. Simple di Jepang. Selain konser,mereka belum pernah tampil di acara TV lokal. Sebelumnya, single Jepang perdana Super Junior, Bonamana juga berhasil menduduki posisi kedua tangga lagu harian Oricon saat dirilis sekitar Juni lalu.

Dong Hae Update Twitter

“2011.12.10 Osaka Super Show 4 Daebak!! 40.000 ELF~ benar-benar daebak!! Kalian benar-benar harus melihatnya dengan mata kalian sendiri. Mataku langsung menitikkan air mata saat pertama kali naik ke atas panggung,” tulis Shin Dong. “ya Tuhan! ELF Daebak!” komentar salah satu fans. “Selamat! Kamu sudah bekerja begitu keras,” tulis fans lain. “Wow~ itu terlihat luar biasa,” tandas fans lainnya. Tak lama setelah merampungkan konser Super Show 4 pada 11 Desember lalu, Dong Hae Super Junior langsung memperbaharui akun Twitter miliknya (@donghae861015). Melalui situs microblogging ini, dia mengupload foto lucu saat sedang mencari makan di tengah malam. “Kami lapar setelah kami menyelesaikan (konser kami di Jepang), jadi kami pergi makan ramen. Go! Go! Good night!! Mari bertemu esok hari!” tulis Dong Hae. Hanya dalam waktu singkat, tulisan Dong Hae langsung dikomentari para netter. “Saya juga ingin makan di toko ramen itu,” tulis salah satu netter. “Bagaimana konsernya?” tanya netter lain. Keesokan harinya (12/12), Dong Hae kembali mengupdate Twitter miliknya. Kali ini, dia mengupload foto terbaru bersama Amber f(x). Tak lupa, Dong Hae berterima kasih pada f(x) karena sudah bersedia menjadi bintang tamu konser Super Show 4 di Osaka. “f(x), terima kasih. Saya dan Amber bersama,” tulisnya. Dengan wajah hampir mirip, para fans menyebut Dong Hae dan Amber sebagai ‘anak kembar’. “Kita harus memeriksa gen mereka,” komentar salah satu netter. “Apakah kita yakin mereka tidak ada hubungan darah?” tulis netter lain. “Mereka sangat manis,” komentar netter lainnya.

Artis Dengan Penjualan Album Terlaris

Selama tiga tahun berturut-turut, Super Junior sukses menjadi artis dengan penjualan album terlaris. Menurut laporan Gaon Chart pada 13 Desember lalu, album Mr. Simple sudah terjual sebanyak 339.707 album hingga bulan November. Padahal, album ini baru diluncurkan pada Agustus lalu. Dengan prestasi ini, Mr. Simple dinobatkan sebagai album paling laris sepanjang tahun ini. Di posisi kedua, Girls’ Generation sukses menjual album The Boys sebanyak 293.042 kopi hingga bulan November. Padahal, album ini baru diluncurkan sekitar Oktober lalu. Dengan begitu, penjualan album Girls’ Generation hanya terpaut 46.665 kopi dengan album Super Junior. Memasuki akhir tahun, para pengamat dunia hiburan yakin Super Junior akan keluar sebagai pemenang. Pasalnya, jarak penjualan album mereka dengan Girls’ Generation terbilang cukup besar. Selama dua tahun terakhir, Super Junior sudah mengokohkan posisi mereka sebagai artis Korea dengan penjualan album terlaris. Pada 2010 lalu, mereka sukses menjual album Bonamana sebanyak 200.193 kopi. Sementara album Sorry Sorry pernah memenangkan penghargaan Golden Disk Daesang dan menjawarai penjualan album sepanjang tahun 2009. Menurut pengamat dunia hiburan, gaya musik ‘SJ Funky’ yang diberikan pengarah musik SM Entertainment, Yoo Young Jin merupakan faktor kesuksesan utama Super Junior. Ditambah dengan aktivitas para personel grup di bidang akting dan presenter, mereka sukses mencuri perhatian publik. “Karena pasar digital terus berkembang, Super Junior berhasil menunjukkan kekuatan mereka dengan mendominasi penjualan album selama tiga tahun berturut-turut. Mereka menghilangkan konsep misterius dan bekerja keras untuk menjadi ramah pada publik melalui beberapa media seperti variety show dan itu merupakan salah satu kunci popularitas mereka,” komentar pengamat dunia hiburan.

Geser Popularitas Britney Spears

Bersama Big Bang, Super Junior berhasil menarik perhatian fans internasional sepanjang tahun ini. Bahkan, dua boyband Korea tersebut sukses menggeser popularitas Britney Spears sebagai ikon bintang dunia.Pertama, Big Bang sukses meraih penghargaan 2011 MTV European Music Awards di Belfast, Irlandia Utara sekitar November lalu. Dalam acara ini, G-Dragon, T.O.P, Tae Yang, Dae Sung, dan Seung Ri dinominasikan dalam kategori World Wide Act Asia Pacific. Sebagai pemenang kategori ini, Big Bang berhak masuk nominasi Worldwide Act Nominees bersama beberapa artis internasional seperti Abdelfattah Grini(Afrika/India/Timur Tengah), Lena (Eropa), Restart (Amerika Latin), dan Britney Spears (Amerika Utara). Tak disangka, mereka berhasil membawa pulang penghargaan prestisius tersebut. Bahkan, Big Bang menjadi artis Korea pertama yang sukses memenangkan penghargaan EMA. Dengan kemenangan ini, Big Bang behasil menyingkirkan Britney. Padahal, penyanyi berusia 30 tahun ini memiliki begitu banyak fans di seluruh dunia. Dengan kemampuan vokal dan penampilan seksi, Britney sudah menelurkan begitu banyak lagu hits. Selain Big Bang, Super Junior juga sukses mengalahkan Britney. Pada 6 Desember lalu, analis data situs Twitter, What The Trend merilis daftar Top 10 Twitter Trends. Dari sekitar 207.518 hash tag, mereka menentukan trending topic paling populer sepanjang tahun 2011.Dalam daftar Top 10 Trending Topic’s on Twitter, Super Junior berhasil menduduki posisi keempat di kategori artis dan posisi ketujuh di kategori umum. Posisi grup asuhan SM Entertainment ini berada tepat di atas Britney dan bencana gempa bumi Jepang. Dari kategori artis, Super Junior hanya terpaut sedikit dengan Justin Bieber, Lady Gaga, dan Jonas Brothers.Dengan prestasi tersebut, Big Bang dan Super Junior bukan lagi idola Korea. Sebaliknya, mereka sudah pantas disebut sebagai artis internasional mengingat jumlah fans dan popularitas mereka di luar negeri.

Dukung Kontes Makanan Korea

Bersama Menteri Makanan, Agrikultural, Kehutanan, dan Perikanan Korea, pihak Yayasan Makanan Korea menggelar kontes resep makanan Korea bertitel Share your Delicious Secret with Super Junior hingga akhir Desember mendatang.Dalam kontes ini, para penggemar makanan Korea dari seluruh dunia bisa mendaftar. Caranya, para kontestan harus mendaftarkan resep makanan Korea dengan disertai penjelasan dan foto melalui situs http://sharehansikrecipe.hansik.org/main.“Saya harap hallyu atau demam Korea, beralih dari K-pop pada K-food,” terang petinggi Yayasan Makanan Korea, Gwak Beom Guk. “Even ini bertujuan untuk menciptakan imej ramah bagi makanan Korea,” lanjutnya. “Saya juga berharap orang-orang asing bisa menemukan potensi makanan Korea sebagai bagian Hallyu dengan menciptakan resep makanan sendiri,” pungkas Beom Guk. Lima pemenang kontes akan dipilih berdasarkan tiga kategori. Mulai dari kreativitas, praktis, hingga kemudahan mempraktekkan resep makanan tersebut. Sebagai pemenang, mereka bisa memenangkan hadiah berupa kunjungan wisata ke Korea pada Januari tahun depan. Selama berkunjung, para pemenang bisa mempelajari makanan Korea dengan mengunjungi beberapa restoran terkenal dan mengikuti cooking class. Tak hanya itu, para pemenang juga bisa bertemu dengan personel Super Junior.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar