Sabtu, 01 Oktober 2011

Girlband Papan Atas Korea - Gempur Blantika Musik di Bulan Oktober

Image

ASIANplus edisi 443 - LAPORAN KHUSUS

Musim gugur tahun ini merupakan musim persaingan artis paling ketat sepanjang sejarah Kpop. Betapa tidak, beberapa girlband dan penyanyi papan atas akan berpromosi dalam waktu hampir bersamaan. Sekitar bulan Oktober dan November mendatang, blantika musik Korea akan diramaikan dengan comeback beberapa girlband ternama. Sebut saja Girls’ Generation, Wonder Girls, Brown Eyed Girls, KARA, hingga T-ara. Tak tanggung-tanggung, mereka akan meluncurkan album baru dalam waktu hampir bersamaan.

KARA Awali ‘Musim’ Comeback

Image Selama beberapa waktu terakhir, tiga girlband papan atas Korea, Girls’ Generation, Wonder Girls, dan KARA sibuk berpromosi di luar negeri. Dengan begitu, tentu tak mengherankan jika comeback mereka sangat dinanti-nantikan para penggemar musik asal negeri Ginseng. KARA memulai ‘musim’ come-back dengan meluncurkan album ketiga bertitel Step pada 6 Septem-ber lalu. Ini merupakan album ter-baru mereka di Korea setelah mini album Jumping sekitar November tahun lalu. Awal tahun ini, KARA sempat terbelit kasus hukum melawan agensi mereka, DSP Media. Bahkan, kasus ini sempat menimbulkan rumor bubar. Tentu saja, rumor tersebut membuat para fans kebin-gungan. Beruntung, KARA dan DSP Media akhirnya sepakat berdamai. Mulai April lalu, KARA sibuk merekam beberapa lagu dalam album Step. Sesuai dengan judul al-bum, Gyu Ri, Nicole Jung, Jin Young, Seung Yeon, dan Ha Ra memilih lagu Step sebagai lagu andalan. Dengan mengusung genre musik fusing rock, lagu ciptaan Sweetune, Han Jae Ho, dan Kim Seung Soo ini langsung merajai berbagai tangga lagu Korea.

Girls’ Generation Belum Tetapkan Tanggal Comeback

Image Setelah sibuk berpromosi di Jepang, Girls’ Generation akan merilis album baru di Korea sekitar Oktober mendatang. Album tersebut akan menjadi album baru mereka setelah mini album Hoot pada Oktober tahun lalu. Sayang, SM Entertainment tidak mau mengungkapkan detil infor-masi mengenai peluncuran album ini. “Kami sedang memproduksi album baru dengan target pe-luncuran bulan depan, tapi tanggal pastinya masih belum ditetap-kan,” tandas mereka. “Kami akan membawa perubahan baru dalam bidang musik, tari, dan fashion,” ucap pihak SM.Sebulan kemudian, Wonder Girls akan menyusul dengan meluncurkan album baru. Sebelumnya, girlband asuhan JYP Entertaiment akan merampungkan syuting film Wonder Girls at the Apollo di Amerika. Sete-lah meluncurkan single 2 Different Tears tahun lalu, Wonder Girls memang sibuk berpromosi di negeri Paman Sam. Selain itu, mereka juga harus melakukan ber-bagai kegiatan di China, Singapura, dan beberapa negara Asia lain. Meski sudah lama ditunggu-tunggu, Wonder Girls beren-cana comeback dalam waktu singkat. Pasalnya, mereka sudah harus berpromosi lagi di Amerika mulai Desember menda-tang. “Para personel grup sedang merekam album baru di Korea dengan arahan Park Jin Young,” ungkap pihak JYP Entertainment. “Beberapa penu-lis lagu dan koreografer terkenal Amerika ambil bagian dalam proyek ini,” lanjut mereka.

T-ara Siapkan Album Black Eyes

Image Selain KARA, Wonder Girls, dan Girls’ Generation, T-ara juga akan meluncurkan mini album baru bertitel Black Eyes. Sesuai rencana, album ini akan dirilis pada 27 Ok-tober mendatang. Seperti beberapa album sebelumn-ya, T-ara masih menggandeng Brave Brothers dan Shinsadong Tiger sebagai produser album Black Eyes. “T-ara akan merilis album baru bertitel Black Eyes pada 27 Oktober. Kami sengaja mencocokkan tanggal comeback mereka sesuai Girls’ Gen-eration dan Wonder Girls, serta para penyanyi solo seperti G-Dragon, dan IU. Album baru mereka akan mengusung sound elektronik,” terang agensi T-ara, Core Contents Media. “Kami sangat percaya diri dengan album ini. T-ara akan meninggalkan konsep retro dari lagu Roly Poly dan kembali dengan sound elektronik yang lebih disukai para remaja. Akan ada penambahan melodi yang bisa menarik perhatian para fans remaja hingga fans berusia 60 tahunan,” lanjut mereka. Sementara itu, Brown Eyed Girls juga siap merilis album keempat mereka pada 30 September nanti.

SECRET Promosi di Korea dan Jepang

Image Mengikuti jejak beberapa girlband lain, SECRET juga siap mela-lukukan comeback dalam waktu dekat. Dengan begitu, girlband asuhan TS Entertainment ini harus siap bersaing dengan Girls’ Generation, KARA, T-ara, Wonder Girls, dan Brown Eyed Girls. Tak hanya itu, SECRET juga harus meng-hadapi IU dan G-Dragon.“SECRET akan mel-akukan comeback pada pertengahan Oktober. Masih belum ada tanggal pastinya, tapi kami yakin pada bulan Oktober. Album mereka merupakan full album dan mereka akan melewatkan liburan Chu-seok dengan fokus penuh pada penyelesaian detil-detil album,” ungkap pihak TS Entertainment. “Semula, kami berencana merilisnya pada awal Oktober. Namun, kami memutuskan untuk menundanya selama satu atau dua minggu untuk memastikan kualitasnya. Sebagai album dengan kualitas tinggi, tolong nantikan ini,” lanjut mereka. Selain mempersiapkan come-back di blantika musik Korea, SECRET juga sibuk berpromosi di Jepang. Dalam waktu dekat, mereka akan merilis single kedua bertitel Shy Boy. Dengan begitu, SECRET harus berpromosi di Korea dan Jepang sekaligus. “SECRET baru saja merampung-kan aktivitas mereka di Jepang dan sedang merampungkan rekaman album pertama yang akan dirilis musim gugur ini sebagai come-back. Mereka akan kembali selama liburan Chuseok dan langsung mu-lai berlatih. Lagu andalan SECRET akan menampilkan tarian unik dan mereka akan berpromosi di Korea dan Jepang,” terang TS Entertain-ment.

Orange Caramel Comeback dengan Album Baru

Image Tak ketinggalan, Orange Cara-mel juga mengumumkan rencana comeback sekitar Oktober menda-tang. Awal Oktober nanti, sub grup After School ini akan meluncurkan album baru bertitel One Asia Project Part 2. Album ini merupakan album comeback Raina, Nana, dan Lizzy di blantika musik Korea. Selama beberapa waktu terakhir, mereka memang sibuk mempromosikan lagu Bang! bersama After School di Jepang. “Sama seperti cara kami menampilkan konsep berbeda dalam setiap promosi, kami akan membedakan diri dari imej kuat dan seksi After School,” tandas agensi mereka. Sesuai rencana, Orange Caramel akan mempromosikan album One Asia Project Part 2 selama sebulan. Selanjutnya, mereka akan mempro-mosikan single kedua After School, Diva di Jepang.

G-Dragon dan IU Ikut Ramaikan Persaingan

Image Tak hanya girlband, beberapa penyanyi papan atas Korea juga sibuk mempersiapkan comeback dalam waktu dekat. Meski tidak bersama Big Bang, leader grup ini, G-Dragon berencana merilis album baru sekitar Oktober mendatang. Sayang, detil informasi mengenai jadwal comeback pelantun lagu Butterfly itu masih belum diketahui. Selain G-Dragon, para kontestan Superstar K2 juga ikut meramaikan persaingan dengan meluncurkan album baru. Terakhir, IU akan meluncurkan album kedua sekitar Oktober nanti. Dengan menggandeng beberapa musisi top seperti Yoon Sang dan Lee Juk, pelantun tembang A Good Day itu siap mencuri perhatian publik Korea. “Kami ingin merilis album kedua sekitar akhir Oktober dan awal November,” komentar agensi IU, Loen Entertainment. “Para pencipta lagu berbakat ikut ambil bagian dalam proses reka-man, yang juga akan memuat lagu ciptaan IU sendiri,” terang mereka. Dengan comeback beberapa artis papan atas, persaingan dalam blantika musik Korea akan semakin memanas. Sepertinya, mereka siap memburu berbagai penghargaan dalam ajang penghargaan musik tiap akhir tahun. Faktanya, jadwal promosi di akhir tahun memang lebih efektif jika dibandingkan dengan promosi di awal tahun. “Tak peduli betapa sulitnya para artis berpromosi di awal tahun, jika mereka tidak berpromosi di akhir tahun, mereka akan dilibas artis-artis lain yang berpromosi di akhir tahun. Meski kualitas musik mereka sudah ditingkatkan, ada beberapa kasus seperti pengumuman album secara terburu-buru. K-pop selama bulan Oktober dan November ini sangat dinantikan para pengge-mar,” komentar salah satu penga-mat dunia hiburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar