Sabtu, 09 Juni 2012

Serial Idola Korea - Gagal Raih Rating Tinggi, Tetap Laris Di Luar Negeri

Image
ASIANplus edisi 479 - BINTANG KOREA
     Belakangan, beberapa serial idola Korea gagal mencuri perhatian publik. Meski sudah memasang sederet bintang idola, jalan cerita yang membosankan membuat beberapa serial tersebut diganjar rating rendah. Sebut saja Love Rain, Heartstring, Playful Kiss, Paradise Ranch, Heading to the Ground, Dream High 2, Cinderella Man, Lie To Me, atau Marry Me Marry (Mary Stayed Out All Night).    
     Meski sudah sangat dinanti-nantikan para fans, serial Love Rain gagal meraih rating tinggi. Bahkan, serial yang dibintangi Jang Geun Suk dan YoonA Girls’ Generation ini bisa dibilang tidak sukses. Sejak ditayangkan, Love Rain hanya mampu meraih rating sekitar 4% hingga 6%. Dengan empat episode tersisa, tampaknya tidak akan ada peningkatan rating dalam waktu dekat. Di samping menawarkan nama-nama idola dan sinematografi, Love Rain tidak memiliki keunggulan lain. Banyak netter berpendapat bahwa tim produksi terlalu fokus menjual hak tayang serial ke luar negeri. Sebaliknya, mereka tidak bisa menciptakan plot kuat dan menarik. Di sisi lain, tak sedikit penonton merasa jalan cerita Love Rain sangat membosankan.
     Apalagi, akting YoonA juga tidak berkembang. Selama tahun 2000-an, K-drama merupakan pemimpin Korean Wave (hallyu). Namun seiring perkembangan K-pop, K-drama mulai kehilangan popularitas. Melihat fenomena ini, para produser serial mulai memutar otak. Demi membangkitkan popularitas K-drama, beberapa produser sengaja menggandeng para idola untuk membintangi serial. Sepertinya, mereka sadar bahwa para idola akan menarik perhatian fans, penonton, dan pembeli luar negeri. Meski keputusan ini tidak akan mempengaruhi perolehan rating di Korea, para produser tentu akan mendapatkan keuntungan besar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar