Minggu, 21 April 2013

Kreator Captain Tsubasa Pulang Kampung


Jagoan bola pada lakon manga “Captain Tsubasa”, yang mengilhami bintang lapangan hijau seperti Lionel Messi dan Fernando Torres pulang ke kampung halamannya, dari kisah komik yang membawanya pergi ke Spanyol. Dilansir dari AntaraNews, selubung patung perunggu “Captain Tsubasa”, dibuka di taman baru di kota Yotsugi, Timur Tokyo, yang merupakan kampung halaman pencipta tokoh bola itu, Yoichi Takahashi. Keberadaannya diharapkan dapat menarik kunjungan wisatawan untuk membantu menghidupkan kembali keberuntungan masyarakat setempat.
“Yotsugi adalah tempat saya lahir dan tumbuh, tetapi tak terpelihara sejak saya kecil,” kata Takahashi dalam upacara pembukaan selubung patung yang dihadiri oleh sekitar 700 pengunjung yang terdiri atas orang-orang penting, warga kota dan penggemar–termasuk anak-anak.
“Saya berharap macam-macam orang akan datang dari seluruh penjuru negeri dan dunia untuk melihat, menyentuh dan memotret patung ini.”
Patung itu menggambarkan Ozora Tsubasa sebagai bocah laki-laki murid SD, atau tahap awal dalam serial manga “Captain Tsubasa” berdiri setingi 145 cm, tersenyum lebar dan mengenakan pita lengan kapten kesebelasan.
Manga “Captain Tsubasa”, yang juga menampilkan penjaga gawang Genzo Wakabayashi, mulai terbit pada majalah mingguan bagi remaja pria Jepang pada 1981, saat sepak bola belum mendapat hati di Jepang.
Setelah beberapa tahun, “Captain Tsubasa” menjadi pemain profesional di Brasil dan kemudian pindah ke Barcelona. Keberuntungannya menanjak seiring dengan nasib sepak bola di Jepang, ketika Liga Jepang (J-Leage – ed) diluncurkan pada 1993. Sepak bola nasional Jepang mencapai posisi 16 besar dalam piala dunia 2010.
Serial manga “Captain Tsubasa” pun keliling dunia dalam  manga, anime dan video games, dinikmati oleh penggemarnya yang kerajingan termasuk Messi dari Barcelona dan Torres dari Spanyol saat mereka mengejar masa kejayaan.
“Ada banyak orang yang jatuh cinta pada sepakbola setelah membaca manga ini, di antaranya adalah para pemain top dunia dan pemain tim nasional Jepang,” kata Katsuei Hirasawa.
Takahashi mengatakan, sekitar 100 negara menyiarkan serialnya dan komiknya terjual 70 juta di dalam negeri dan penjualan internasional diperkirakan lebih dari 100 juta buku.
Serial itu dihentikan sejak tahun lalu dan penciptanya yang menjadi ketagihan sepakbola setelah menonton siaran piala dunia 1978, mengatakan tidak berencana membuat seri baru, tetapi mempunyai banyak gagasan.
“Yang menjadi masalah tentu saja, impian Tsubasa yaitu melihat Jepang menjadi juara dunia. Saya sungguh berharap, suatu masa akan menggambar pemandangan tersebut,” katanya.

Yoichi Takahashi, kreator manga "Captain Tsubasa" yang juga penggemar tim sepak bola Barcelona
Yoichi Takahashi, kreator manga “Captain Tsubasa” yang juga penggemar tim sepak bola Barcelona

Source : jepangku.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar