Senin, 17 Januari 2011

Beberapa Jenis Ikan Hias Air Laut Unik

Oleh: AnneAhira.com Content Team

Perairan Indonesia kaya dengan berbagai jenis ikan hias air laut. Bentuk dan warna ikan air laut yang lucu dan menggemaskan tersebut membuat banyak orang berkeinginan untuk memeliharanya di akuarium.

Beberapa jenis ikan hias air laut ada yang menjadi favorit dan banyak diminati oleh para penggemar ikan hias. Mereka umumnya ingin membuat 'Taman Laut' kecil dalam akuarium air laut yang mereka miliki. Bahkan, mereka tidak hanya melengkapi koleksi ikan hiasnya saja, namun juga akuarium miliknya itu dilengkapi dengan gugusan batu karang serta beberapa tumbuhan laut lainnya.

Jika Anda juga ingin mengetahui apa sajakah ikan hias yang menjadi favorit tersebut, silahkan simak daftar di bawah ini.


1. Clownfish atau Ikan Badut.

Masih ingat film animasi Finding Nemo? Si tokoh utama di film itulah yang sedang kita bicarakan. Ikan ini banyak di pelihara dalam akuarium karena warnanya yang mencolok dan lucu, serta tingkahnya yang lincah.

Dominasi orange dan putih serta hitam yang kontras menyebabkan ikan ini cocok menjadi pusat perhatian dalam akuarium. Di habitat aslinya, ia biasa ditemukan dalam perairan kaya sinar matahari. Kedalaman yang paling cocok untuk Clownfish tidak boleh lebih dari 10 meter.

2. Kepe – Kepe Monyong

Bentuk mulutnya yang monyong tajam justru membuat ikan ini nampak unik dan banyak dicari. Ikan ini bukan jenis ikan hias air laut asli Indonesia, karena biasanya dijumpai di laut Afrika Selatan.

Habitat aslinya adalah tinggal di daerah terumbu karang. Oleh karena itu, akuarium yang digunakan untuk menampung ikan ini harus memiliki terumbu karang juga, sebagai sarangnya. Ukuran akuarium tempat memelihara Kepe Monyong tidak boleh berukuran kecil. Karena ia sangat mudah stress.

3. Kuda Laut

Walaupun namanya Kuda Laut, namun ia tetap saja jenis ikan hias. Hanya karena bentuknya yang tidak menyerupai ikan pada umumnya itulah ia dijuluki Kuda Laut.

Cara berenangnya yang lucu menyebabkan banyak penggemar ikan memburunya untuk dipelihara. Walaupun harganya memang tidak murah.

Sama seperti jenis ikan hias air laut lainnya, ukuran akuariumnya tidak boleh terlalu kecil. Minimal panjang harus 1,5 m. Juga harus dilengkapi dengan rumput laut hidup dan juga beberapa karang sebagai tempat ia tinggal.

Berbagai satwa asli laut itu tentu tidak mudah untuk dipelihara, karena habitatnya yang berbeda. Namun, sebanding rasanya jika kita lihat keindahan yang dimiliki para makhluk laut tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar